AN ANALYSIS ON RECOUNT WRITING OF THE FIFTH TERM STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT TEACHERS’ TRAINING AND EDUCATION FACULTY PEKALONGAN UNIVERSITY

Pradnya Permanasari

Abstract


Permanasari, Pradnya. 2011. An Analysis of Recount Writing of the Fifth Term Students of English Department Teachers’ Training and Education Faculty Pekalongan University.

Salah satu peranan dosen bahasa Inggris saat ini adalah membuat mahasiswa bisa menulis berbagai tipe text sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Siswa diharapkan bisa menulis berbagai text yang masing-masing berbeda fungsi sosialnya, generic structurenya dan kaidah kebahasaanya. Maka dari itu dosen harus bisa mengarahkan mahasiswa untuk menulis dengan fungsi sosial text yang tepat, kaidah kebahasaan yang benar dan penggunaan struktur yang sesuai. Salah satu tipe text tersebut adalah Recount Text.

Penelitian ini memiliki empat tujuan utama. Pertama, untuk menjelaskan susunan Recount Text yang benar; apakan mahasiswa sudah menulis Recount sesuai dengan susunan yang tepat?. Kedua, untuk menemukan dan mendeskripsikan struktur yang digunakan mahasiswa agar tercapai fungsi komunikasi dalam text. Ketiga, untuk menemukan masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam menulis Recount Text. Keempat, untuk menemukan alasan mengapa mahasiswa mempunyai masalah tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Generic Struktur digunakan untuk menganalisa Macro Level.Sedangkan untuk menganalisa Micro Levelnya, penulis menganalisa tenses, transitivity, dan circumstances.Objek study yang digunakan adalah 36 naskah recount mahasiswa yang diambil 13 dan diteliti secara mendalam. Data dari penelitian ini kemudian dianalisa menggunakan pendekatan analisa genre.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Teks Recount yang ditulis mahasiswa mempunyai generic structure, yang dinamakan; thesis, arguments, dan recomendation. Micro level yang dianalisa pada penelitian ini adalah tenses, transitivity, dan circumstances.  Tense yang digunakan mahasiswa adalah simple Past Tense. Transitivity yang penulis temukan adalah penggunaan material, mental, behavioral, verbal, relational, dan existensial. Circumstance yang digunakan adalah time, place, quality, manner, dan reason. Penulis juga menemukan berbagai masalah yang dihadapi mahasiswa dalam menulis recount seperti; 1). Masalah kesalahan tata bahasa; 2). Masalah penggunaan circumstances; dan 3) masalah penggunaan partisipan.  Hasil dari penelitian inia adalah sebagian besar masalah yang dihadapi siswa adalah penggunaan tense yang salah; mahasiswa sering menggunakan simple present tense.banyak juga kesalahan pada penggunaan finite yang disebabkan oleh ketidak perhatianya mahasiswa dalam penggunaan to be. Masalah tersebut terjadi karena dosen tidak menjelaskan circumstances dengan baik. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam pengajaran menulis recount, dosen harus menguasai macro dan micro level. Untuk penelitian selanjutnya, jenis teks yang lain  yang ditulis oleh mahasiswa PBI UNIKALharus dianalisa lebih jauh. Analysa tersebut meliputi macro dan micro level.

Key words: genre, recount writing, generic structure, linguistic features


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Signifie Educational Journal

Issn Print Out : 2087-3603/2301-6418

Issn Edisi Elektronik/Online : 977 2301641008

Alamat Redaksi :

Gedung C Lt. 1 Kampus Universitas Pekalongan

JL Sriwijaya No. 3 Pekalongan

No Telepon : (0285) 421096, Fax.411429